Cara Merokok yang Baik dan Aman

AKTIVITAS merokok sudah menjadi bagian kehidupan yang tak bisa dipungkiri lagi. Meski merokok diklaim dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti kanker, paru-paru, gangguan pernafasan, dan beragam penyakit lain, tetapi merokok memang sulit untuk dihindari. Untuk itu, ada beberapa cara merokok yang baik dan aman. Langkah ini bukanlah saran untuk merokok, melainkan cara preventif untuk menghindari cara merokok yang mungkin dapat berakibat fatal. Simak cara merokok yang baik dan aman berikut ini.

Lebih baik jenis filter ketimbang kretek
Rokok dengan filter lebih aman ketimbang kretek karena asap yang berasal dari racikan tembakau dan cengkeh disaring terlebih dahulu melalui filter. Berbeda dengan rokok kretek di mana asap langsung menuju mulut sehingga penggunaan rokok jenis filter lebih disarankan untuk merokok yang baik dan aman. Kalaupun kurang mantap menggunakan rokok filter, pilih jenis rokok kretek yang berkualitas sehingga tidak terlalu membahayakan.

Jenis rokok "mild" lebih disarankan
Rokok jenis mild lebih ringan sehingga disarankan daripada rokok jenis kretek maupun jenis filter lainnya. Karakter rokok mild lebih halus dan lembut. Dengan rokok mild, Anda sedikit lebih aman untuk mengurangi aktivitas merokok yang berlebihan. Meski begitu, gunakan rokok mild yang berkualitas agar lebih aman.

Hindari merokok dengan posisi tidur
Merokok sambil tidur adalah cara yang tidak baik dan bahkan dapat membahayakan nyawa bagi perokoknya. Betapa tidak, jika Anda tersedak asap dan masuk paru-paru, nyawa adalah taruhannya. Untuk itu, salah satu cara merokok yang baik dan aman  adalah dengan cara tidak tiduran sambil merokok. Selain itu, banyak risiko-risiko yang harus ditanggung saat merokok sambil tiduran.

Imbangi dengan air putih
Air putih bersifat menetralisir segala macam benda yang masuk dalam tubuh. Biasanya, perokok merasakan sakit pada tenggorokan setelah bangun tidur. Untuk menghindari ini, perokok berat harus minum air putih minimal 2 gelas (setengah liter) sebelum tidur. Setelah tidur, biasakan minum air putih kembali minimal 2 gelas juga. Dengan cara ini, tenggorokan yang sakit saat tidur bisa teratasi.

Imbangi dengan sayuran hijau dan buah
Dengan makan sayuran hijau dan buah, setidaknya tubuh memiliki pasokan nutrisi untuk kesehatan sehingga aktivitas merokok yang dapat merusak organ tubuh bisa sedikit dinetralisir oleh kebaikan sayuran hijau dan buah-buahan.

Hindari kopi yang berlebihan
Sudah menjadi kebiasaaan yang menurut perokok sangat nikmat, merokok bersama secangkir kopi memiliki nilai dan sensasi merokok tersendiri. Tetapi cara ini sebaiknya dikurangi mengingat kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kolaborasi rokok dan kopi yang berlebihan sangat tidak dianjurkan. Lalu bagaimana caranya? Boleh saja merokok ditemani kopi, tetapi jangan berlebihan. Cukup secangkir saja.

Susu lebih baik
Minum susu juga dianjurkan untuk perokok. Kenapa? Selain susu bersifat menetralisir, susu juga sumber kalsium yang baik. Tak hanya itu, susu mengandung ragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi merokok dapat mengurangi kesehatan tulang sehingga minum susu sebagai salah satu nutrisi untuk tulang sangat disarankan.

Demikian cara merokok yang baik dan aman yang disarankan bagi perokok berat maupun perokok kelas menengah atau pemula. Meski begitu, aktivitas merokok tidak dibenarkan oleh siapapun demi kesehatan Anda.

Artikel cara merokok yang baik dan aman ditulis oleh Redaksi Pijat Pati.
Jika Anda ingin menulis artikel seputar kesehatan, massage (dunia pijat kesehatan), dan seputar kota Pati, KLIK DI SINI