Mengenal Batik Tulis Pati sebagai Batik Tulis Indonesia Warisan Leluhur Nusantara

Sebagai salah satu warisan leluhur Nusantara untuk bangsa Indonesia, batik tulis pati menyimpan nilai seni yang tinggi. Batik tulis pati adalah salah satu batik tulis Indonesia yang dikenal akan kualitas batiknya dari generasi ke generasi.

Jika Anda berkunjung ke kota Pati yang berbatasan dengan kota Kudus di sebelah Barat, Rembang di bagian timur, Grobogan di bagian selatan, dan Jepara di bagian utara, kurang lengkap rasanya jika tidak berburu oleh-oleh khas kota Pati, yaitu batik tulis dengan motif khas Pati.

Handmade batik
Batik khas Pati tidak mengenal batik dengan pembuatan cap atau kombinasi antara cap dan tulis. Semua batik tulis yang dikenal dengan sebutan batik bakaran ini dibuat secara tradisional menggunakan alat batik tradisional yang dikerjakan dengan tangan-tangan cekatan para pengrajin batik tradisional. Tak ayal, batik tulis pati yang berasal dari Desa Bakaran, Kecamatan Juana ini menyimpan nilai estetis dan nilai seni yang sangat tinggi.

Dalam istilah yang lebih modern, batik yang dikerjakan secara tradisional dengan cara tulis secara manual disebut dengan handmade batik. Artinya, keseluruhan batik dikerjakan secara manual menggunakan tangan. Tidak heran jika untuk menghasilkan satu lembar kain batik dikerjakan dengan waktu yang cukup lama, antara 2 minggu hingga 6 bulan tergantung tingkat kerumitan motif.

Pengerjaan batik secara tulis yang memakan waktu cukup lama karena dikerjakan secara teliti untuk menghasilkan produk batik tulis Indonesia yang berkualitas inilah kemudian batik tulis pati dibanderol dengan harga yang cukup fantastis meskipun untuk ukuran batik tulis memang bisa dikatakan terjangkau. Batik tulis pati dibanderol dengan harga Rp 100.000 hingga lebih dari Rp 1 juta, tergantung tingkat kerumitan motif dan nilai estetis yang dikerjakan.

Dikenal mancanegara
Selain dikenal di kalangan pengusaha, pejabat, dan para pegawai di daerah setempat, yaitu kabupaten Pati, batik tulis pati juga tersebar di berbagai negara di belahan dunia, seperti Belanda, Paris, Amerika, dan berbagai negara di benua lainnya. Karya tradisional batik tulis pati sebagai salah satu batik tulis Indonesia yang membanggakan inilah yang mampu menarik perhatian dunia internasional.

Di berbagai kota di Indonesia sendiri, batik tulis pati belum cukup dikenal meskipun beberapa pencinta batik mengakui eksistensi batik tulis pati sebagai mahakarya leluhur Nusantara. Tak ayal, banyak dijumpai batik tulis pati di berbagai pameran di kota besar, bahkan di toko atau outlet di kota-kota besar.

Batik tulis Indonesia
Banyak jajaran batik tulis Indonesia yang membanggakan dari berbagai pelosok tanah air. Salah satu batik tulis Indonesia yang dikenal, antara lain Pekalongan, Solo, Madura, Lasem, dan lain sebagainya. Meskipun berbagai kota di Indonesia dikenal akan kualitas batik tulisnya, tetapi sebagian besar juga memproduksi batik cap dan batik kombinasi antara cap dan tulis.

Tidak demikian jika kita belanja batik tulis di kota Pati, yang dapat kita jumpai hanyalah produk batik tulis hasil tangan (handmade) yang dikerjakan secara tradisional oleh pengrajin batik yang terlatih. Oleh karena itu, batik tulis pati sebagai satu-satunya produk batik tulis Indonesia yang dikerjakan sepenuhnya menggunakan tangan patut diapresiasi.

Batik tulis Indonesia atau dunia internasional menyebutnya Indonesian batik dinobatkan UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009 lalu. Dengan begitu, kita sebagai generasi masa depan bangsa wajib melestarikan tradisi batik tulis Indonesia.

Karena pengakuan UNESCO ini pula, batik tulis Indonesia dikenal oleh kalangan mancanegara sekaligus populer dipakai oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia meskipun dulu sebelum diakui UNESCO batik tulis Indonesia sempat identik dengan gaya pakaian yang kuno dan ketinggalan zaman. Menggunakan batik tulis Indonesia kini menjadi trend yang menjamur, baik dari kalangan artis, pengusaha, pejabat, apalagi dunia fashion. Batik tulis Indonesia memang patut dibanggakan.

Berburu Batik Tulis Pati
Wisata ke kota Pati wajib ke desa Bakaran, Kecamatan Juana untuk berburu batik tulis pati di mana di sepanjang jalan terdapat rumah-rumah produksi batik tulis. Di sana juga bisa melihat langsung produksi batik tulis dikerjakan di rumah-rumah, ada yang membuat semacam pabrik batik secara mikro, maupun dikerjakan cukup di emperan rumah.

Berburu batik tulis pati di rumah-rumah produksi bukan saja identik dengan mencari batik layaknya di swalayan, tetapi juga sebagai destinasi wisata seni dan budaya yang mengasyikkan.

Berburu Batik Tulis Pati Online
Jika tidak sempat berburu batik tulis pati secara langsung, atau memang lokasi sangat jauh dari desa Bakaran, sekarang banyak penyedia toko batik tulis pati secara online. Sehingga cukup dengan klik, batik tulis pati bisa sampai di rumah kita, baik kita berada di Indonesia maupun di luar negeri.

Salah satu toko online batik tulis pati berkualitas dan terpercaya adalah www.batikpati.com, situs nomor satu untuk membeli batik tulis pati berkualitas. “Cukup dengan klik, batik tulis pati berkualitas sampai di rumah Anda,” begitu slogan yang ditawarkan toko online batikpati.com.

Selain batikpati.com, bagi penggila jejaring sosial Facebook juga dapat membeli melalui akun facebook, baik melalui fans page (www.facebook.com/RumahBatik), pertemanan (www.facebook.com/batiktulispati), atau cukup telepon ke nomor 085640215031. Batikpati.com seringkali mendapatkan pesanan dari luar kota baik Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, dan berbagai kota besar di Jawa. [PP]