Tips & Cara Mengatasi Dehidrasi dan Dampaknya

Kesehatan merupakan kebutuhan utama yang mutlak bagi setiap individu tanpa terkecuali, dengan tetap melakukan berbagai aktivitas sehari-hari baik sebagi pelajar, pegawai kantor, pedagang, dan lain sebagainya. Dengan kesehatan yang maksimum akan menghasilkan kinerja dan hasil yang memuaskan pula.

Banyak sekali gejala minor yang akan timbul sebagai awal dari sebuah penyakit yang akan menyerang imun tubuh manusia, salah satunya yakni gejala panas dalam. Panas dalam sangat sering menjadi penyebab demam panas, batuk, dan flu pada tubuh. Pada dasarnya panas dalam itu sendiri diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan ion atau cairan tubuh.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui tips dan cara untuk mengatasi panas dalam itu sendiri, dengan cara mengatasi dehidrasi, yakni sebagai berikut :

Konsumsi air putih dengan cukup
Air putih merupakan fungsi pelarut dan pengatur kerja bagi metabolisme tubuh dan hasil dari metabolisme itu sendiri juga akan dipengaruhi oleh konsentrasi air didalam tubuh. Cara yang cukup mudah dengan hanya membawa sebotol air putih kemana pun Anda berada dengan tujuan anda akan mudah menemukan air ketika anda sedang membutuhkannya demi mendukung tercukupnya konsentrasi air dalam tubuh dan hal tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan karena cukup praktis, cukup sediakan tas kecil untuk membantu Anda membawa sebotol air putih dengan nyaman.

Sebenarnya kebiasaan baik ini telah diterapkan sejak kita berada di Taman Kanak-Kanak (TK) dimana sebuah botol bertali kerap kali diselendangkan dan dibawa kemana-mana namun setelah beranjak remaja hal tersebut menjadi sebuah gengsi bagi kita karena takut dibilang kuno, cupu, dan lain lain. Padahal itu merupakan kesalahan yang sangat menyimpang dan berdampak buruk pada kesehatan kita sendiri, oleh karena itu mari kita bangun dan tinggalkan kebiasaan buruk atau gengsi yang sama sekali tidak ada manfaatnya tersebut.

Konsumsi buah-buahan
Buah-buahan sangat kaya akan kandungan vitamin, mineral secara alami tanpa ada efek samping. Berbagai varian dan jenis buah pun tersedia, sperti jeruk, apel, melon, pir, anggur dan masih banyak lagi.

Selain membantu menambah kebutuhan vitamin dan mineral untuk tubuh, buah-buahan juga membantu proses pencernaan, dan memberikan nutrisi tambahan untuk kulit agar tetap segar.
Ada berbagai cara yang baik untuk mengonsumsinya, diantaranya bisa dinikmati dengan dibuat jus, kemudian bisa ditambah dengan susu ataupun madu, atau dengan dibuat es buah dengan tambahan sirup buah yang akan terasa sangat segar dan cocok untuk dinikmati pada saat siang hari, dan cara yang paling alami tanpa perlu repot yakni langsung mengkonsumsi buah buahan tersebut maka vitamin akan diserap sepenuhnya oleh tubuh.

Suplemen tambahan vitamin dan mineral
Suplemen tambahan seperti vitamin c akan membantu imun tubuh untuk mencegah radikal bebas masuk kedalam tubuh. Tidak semua jenis makanan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sama ataupun cukup untuk kebutuhan tubuh. Oleh karena itu, pemenuhan ion tubuh dengan suplemen tambahan menjadi good way dan tak hanya itu, penambahan suplemen tubuh akan mempengaruhi energi yang dihasilkan tubuh menjadi lebih baik.

Perlu diketahui bahwa tidak semua suplemen makanan itu bersifat kimiawi, terdapat beberapa suplemen yang bersifat alami seperti minyak ikan salmon, dan juga suplemen alami yakni madu yang notabennya terkenal sebagai obat dari seribu satu penyakit dan sama sekali tidak menyebabkan dampak negatif. Terbukti bahwa hal tersebut sangat simple untuk dilakukan setiap hari.

Bangun lebih pagi
Udara yang masih bersih dan segar tanpa polusi hanya bisa dirasakan pada pagi hari khususnya untuk daerah perkotaan. Udara pagi hari masih belum terkontaminasi dengan berbagai polusi, seperti asap kendaraan, debu dan lain sebagainya.

Udara yang sehat untuk pernapasan yakni yang mengandung O2 dan bersih dari berbagai kotoran dan debu atau bahkan polusi, terutama bagi penduduk perkotaan udara bersih akan sangat sulit untuk didapatkan. Oleh karena itu, kebiasaan bangun pagi akan sangat membantu kita untuk mendapatkan udara segar tersebut.

Olahraga
Respirasi udara di dalam tubuh pun akan lebih optimal jika kita bangun lebih pagi kemudian melakukan olahraga. Keringat yang dihasilkan merupakan hasil pembakaran lemak dan kolestrol dalam tubuh sehinga membantu dalam mencegah berbagai penyakit yang akan timbul nantinya.

Kebanyakan orang berpendapat bahwa olahaga itu mahal, argumen tersebut salah. Olahraga tidak hanya tersedia di tempat-tempat fitness dan tidak harus pergi ke sport center melainkan olahraga juga bisa dilakukan dengan gratis tanpa membutuhkan biaya yang mahal. Cukup melakukan jogging dipagi hari bersama rekan kita atau juga bisa melakukan lompat tali, maraton, dan masih banyak lagi olahraga lainnya yang simpel dan murah.

Kurangi konsumsi makanan yang berminyak
Lemak trans yang terkandung dalam makanan berminyak akan menambah tumpukan lemak yang berada di jaringan bawah kulit. Sehingga, menjadi penyebab utama obesitas pada remaja-remaja dini, yang dampaknya akan timbul beberapa tahun setelah itu, dimana berbagai penyakit seperti hipertensi, kanker akan mudah menyerang tubuh manusia.

Hindari minuman bersoda
Karbonmonoksida adalah polusi gas utama dari minuman bersoda karbonmonoksida akan mengikat oksigen lebih cepat sehingga akan mengganggu pernapasan aerobik. Dan suhu dalam tubuh akan meningkat dan sulit untuk turun dengan normal sehingga akan menebabkan konsentrasi air daalam tubuh akan segera berkurang dan berakibat pada tingkat dehidrasi yang tinggi. Dan secara perlahan dampak jangka panjang dari pengkonsumsian minuman bersoda yakni rusaknya organ-organ dalam tubuh, seperti terbakarnya paru- paru.

Ditulis oleh Dian Ratna Sari - Palembang