Pantangan dan Anjuran Penderita Penyakit Asam Urat


Sebagian besar penyakit asam urat diderita oleh kalangan paruh baya dan orang tua di mana organ tubuh sudah tidak sempurna dalam mencerna berbagai makanan yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, kandungan asam urat yang terdapat dalam ragam makanan yang dikonsumsi tidak dapat dicerna dan tertimbun dalam tubuh yang kemudian disebut penyakit asam urat.

Penyakit asam urat merupakan jenis artritis yang disebabkan penumpukan kristal pada persendian akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sendi-sendi yang diserang penyakit asam urat terutama adalah jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. Selain nyeri, penyakit asam urat juga membuat persendian membengkak, meradang, panas dan kaku. Meski terkesan sepele, penyakit asam urat sangat menyakitkan dan membuat tubuh merasa sangat tidak nyaman.

Penyakit asam urat sebagian besar disebabkan oleh organ ginjal yang mengalami penurunan kemampuan untuk menyaring dan membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni.

Penyakit asam urat dan dampak gagal ginjal
Selain itu, penyakit asam urat juga disebabkan karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Tak ayal, penyakit asam urat paling banyak diderita oleh kalangan pria berusia 40 tahun ke atas dan wanita yang sudah menopause.

Penderita asam urat biasanya memiliki keluhan penyakit lain, seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, diabetes dan aterosklerosis. Sebagian besar penderita asam urat adalah orang dengan kelebihan berat badan, kegemukan, atau obesitas. Jika dibiarkan, penyakit asam urat dapat berkembang menjadi batu ginjal yang pada akhirnya mengakibatkan gagal ginjal.

Jika penyakit asam urat sudah sampai mengenai organ ginjal yang berakibat pada penyakit gagal ginjal, penderita sangat susah untuk diselamatkan nyawanya, kecuali ada pengobatan terapi alternatif yang benar-benar bisa mengobati atau cangkok ginjal. Untuk itu, mencegah terjadinya penyakit asam urat sangat dianjurkan sebelum akhirnya menjalar dan berkembang memunculkan ragam penyakit ganas lainnya.

Penyakit asam urat dan gaya hidup yang salah
Perubahan gaya hidup, konsumsi makanan dan minuman serba instan, konsumsi obat-obatan berlebihan, dan menghindari makanan yang berkadar purin tinggi dapat mengendalikan asam urat.

Pantangan penderita penyakit asam urat
Berikut adalah makanan dengan purin tinggi yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Masing-masing orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap makanan yang mengandung purin. Makanan yang sangat cepat menimbulkan serangan asam urat pada satu orang belum tentu menimbulkan efek yang sama pada yang lainnya.

Adapun makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat, di antaranya alkohol, soft drink, melinjo, kacang-kacangan, jamur, bayam matang, sawi, daging kambing, jeroan, lemak, kerang-kerangan, bebek, kalkun, salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, beberapa ikan seperti pindang, dan lain-lain, es krim, dan masih banyak lainnya.

Anjuran penderita penyakit asam urat
Bagi penderita asam urat, dianjurkan untuk jangan minum aspirin, perbanyak minum air putih, makan makanan yang mengandung potasium tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan, kentang, alpukat, susu, pisang, dan yogurt, makan buah-buahan yang kaya vitamin C, aktif secara seksual karena seks ternyata memperlancar produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat. [PP]

Ditulis oleh M. Afif - Tegal