Mengenal Julukan Kota Pati

Sebagai salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah, kabupaten Pati menyimpan sejuta keunikan tersendiri. Salah satu keunikan yang dimiliki kota Pati adalah mengenai julukan yang banyak disematkan kepada kota Pati. Mungkin Anda bertanya: apa julukan kota Pati? Jika Anda bertanya apa julukan kota Pati, maka dalam artikel ini kami akan membahas secara eksklusif mengenai apa julukan kota Pati.

Pati dijuluki dengan ragam julukan, salah satu julukannya yang terkenal antara lain Pati sebagai “Bumi Mina Tani”, “Kota Pensiunan”, “Kota Gandul”, “Kota Kacang” atau “Kota Manggis”. Namun dewasa ini Pati lebih banyak dijuluki secara bebas dengan sebutan “Pati Kota Paranormal” atau “Pati Kota Karaoke”.

Pati Bumi Mina Tani
Harus diakui, sebagian besar penduduk yang di tinggal di Pati berprofesi sebagai petani sehingga dijuluki dengan Pati Bumi Mina Tani. Bahkan bisa dikatakan hampir 70 persen hamparan kabupaten Pati adalah sawah. Dengan latar ini, Pati dijuluki dengan Pati Bumi Mina Tani.

Julukan ini yang sering dipakai sebagai slogan orang Pati. Di jalan pantura sebelum Anda memasuki wilayah kota Pati, Anda akan disambut dengan tulisan “Selamat Datang di Pati Bumi Mina Tani”.

Pati Kota Pensiunan
Pati dikenal dengan julukan Kota Pensiunan sebab kota Pati sebagian besar dihuni oleh para pensiunan yang lahir atau dibesarkan di kota Pati. Sedangkan pemudanya lebih suka untuk memilih bekerja di kota lain atau merantau ke luar negeri mengingat industri di kota Pati sangat minim.

Pati Kota Gandul
Pati dikenal dengan kuliner khasnya, yaitu Nasi Gandul atau orang Pati menyebutnya sego gandul. Mengingat saking terkenalnya kuliner khas Pati ini, ada juga yang menjuluki Pati sebagai kota Gandul. Ya, Pati memang kaya akan julukan. Pati Kota Gandul memang pantas dijadikan julukan untuk Pati karena kuliner khas Pati yang bernama nasi gandul sangat tersohor seluruh Indonesia.

Pati Kota Kacang
Julukan Kota Kacang disematkan kepada Pati karena Pati merupakan pusat produksi pengolahan ragam kacang terbesar di Indonesia. Sudah bukan menjadi rahasia umum, pusat produksi pengolahan kacang terbesar di Indonesia tersebut adalah Kacang Garuda (PT. Garuda Putra Putri Jaya) berada di timur kota Jalan Panglima Sudirman (Pati-Juana) dan Kacang Dua Kelinci (PT. Dwi Kelinci) berada di barat kota yaitu di Jalan Raya Pati-Kudus, kecamatan Margorejo, kabupaten Pati.

Pati Kota Manggis
Kabupaten Pati merupakan penghasil manggis terbesar di Jawa Tengah. Dengan latar belakang ini, Pati dijuluki sebagai Kota Manggis. Pati juga banyak mengirim buah manggis ke kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan berbagai kota besar lainnya. Meski begitu, julukan kota manggis masih kurang begitu familier untuk orang Pati sendiri.

Pati Kota Seribu Paranormal
Pati identik dengan magis atau klenik. Nuansa magis begitu kental saat kita menyebut kata Pati. Selain itu, banyak paranormal asal Pati yang punya nama di belantika paranormal Indonesia, salah satunya Bos Edi, Mbah Roso, Jeng Asih, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan alasan ini, Pati seringkali dijuluki kota seribu paranormal. Julukan kota seribu paranormal tampaknya diberikan kepada Pati baru-baru ini saja, bahkan masuk dalam situs berita Tempo.co yang menyematkan Pati sebagai kota seribu paranormal.

Pati Kota Karaoke
Sebetulnya dunia karaoke menjamur bukan saja di Pati, tetapi di berbagai kota, terutama kota-kota besar. Namun karena sepanjang pantura dari Kudus menuju Pati banyaknya tempat-tempat karaoke yang berjajar sepanjang jalan pantura tersebut, maka banyak orang menyematkan Pati sebagai kota karaoke. Julukan kota karaoke sebetulnya bukan julukan resmi yang disematkan dari negara atau instansi, melainkan julukan bebas dari orang-orang yang iseng.

Demikian info julukan kota pati, semoga artikel julukan kota pati bermanfaat bagi pembaca yang budiman, terlebih bagi pembaca yang ingin mencari info julukan kota pati. Julukan-julukan kota pati yang disajikan di atas diambil dari berbagai sumber dan info dari masyarakat. Meski demikian, julukan-julukan kota pati yang sepatutnya kita sematkan adalah julukan-julukan kota pati yang diakui publik, seperti Pati Bumi Mina Tani, Pati Kota Pensiunan atau Pati Kota Gandul. Sekali lagi, semoga info julukan kota pati di atas bermanfaat bagi pembaca setia. [pp]