Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Menyehatkan

Sebagian besar orang yang terkena jerawat pasti tidak percaya diri dan kebanyakan menganggap susah untuk menghilangkannya. Padahal jika kita mau rajin merawat muka, kita akan menjumpai kenyataan bahwa menghilangkan jerawat itu mudah. Berikut cara mudah menghilangkan jerawat secara alami dan menyehatkan menurut cara saya dan beberapa di antaranya saya kutip dari dr Oz Indonesia.

Rajin cuci muka

Rajin mencuci muka akan menghilangkan minyak, kotoran, dan debu yang menempel pada muka. Disarankan memakai sabun cuci muka yang cocok untuk Anda karena beberapa orang tidak cocok dengan sabun muka tertentu.

Bagi Muslim, rajin shalat lima waktu dan shalat tengah malam sudah otomatis akan menjadi bagian aktivitas mencuci muka, sehingga bagus untuk merawat muka yang mudah brjerawat. Jika minyak, kotoran dan debu yang menempel tidak kita bersihkan, ini akan semakin memperparah jerawat yang timbul.

Cuci muka sebelum dan sesudah tidur

Tidur adalah aktivitas istirahat di mana sel-sel kita akan berhenti bekerja untuk aktivitas yang lebih berat. Wajah yang mudah berjerawat disarankan untuk mencuci muka sebelum tidur dan sesudah tidur. Pengalaman saya, saat lupa mencuci muka sebelum tidur dan sesudah tidur bukan hanya menimbulkan jerawat yang baru, tetapi juga mengkusamkan wajah. Cuci muka sembari shalat subuh atau sekitar jam 05.00-an direkomendasikan.

Istirahat dan tidur cukup

Kulit butuh istirahat. Jika kita terus begadang setiap malam dan bangun siang, ini akan merusak jadwal kulit yang seharusnya beristirahat. Dengan begitu, istirahat menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan jerawat dengan mudah. Idealnya, istirahat atau tidur 6 jam sampai 8 jam per hari. Kurang tidur dan istirahat juga mengurangi kecerahan wajah atau wajah lebih kusam.

Minum air putih yang banyak

Air putih itu bermanfaat untuk tubuh. Dengan banyak minum air putih, semua benda yang kita makan akan dilarutkan dan berusaha dinetralkan oleh manfaat air putih. Rekomendasi air putih yang bersih dan sehat. Sebab air sumur atau air yang direbus dari air yang kotor justru akan semakin membeirkan efek buruk bagi tubuh. Untuk itu, gunakan air putih yang berasal dari sumber alami, seperti artesis, dan lain sebagainya.

Air putih akan berusaha melarutkan minyak-minyak dan benda yang berpotensi menyebabkan timbulnya jerawat. Cukup minum air putih 8 gelas atau 2,5 liter sehari, Anda akan merasakan manfaatnya untuk menghindari timbulnya jerawat.

Makan buah

Buah adalah makanan alami yang baik untuk tubuh. Berbeda dengan jika kita mengonsumsi makanan kimia dengan ragam pengawet, pewarna, pengembang, pengempuk, dan bahan-bahan kimia lainnya yang tidak semakin menjernihkan tubuh tetapi turut meracuni tubuh secara perlahan. Konsumsi buah apapun, akan mengurangi potensi jerawat Anda. Ini yang disarankan salah satu dokter saat tayangan dr Oz Indonesia.

Hindari makanan berlemak dan berminyak

Sudah menjadi rahasia umum, lemak dan minyak berlebih dalam tubuh bukan saja tidak baik untuk kesehatan, tetapi juga berpotensi cukup besar dalam menimbulkan jerawat. Selain itu, makanan berminyak dan berlemak akan menimbulkan obesitas atau kegemukan yang tidak sehat. Hindari makanan berlemak dan berminyak agar wajah Anda tetap cerah tanpa jerawat.
_________________
Penulis : Lismanto
Email : Lismant@gmail.com

Baca Juga: