Wortel, Mentimun & Alpukat, Tiga Sejoli yang Kaya Manfaat

KESEHATAN sangat penting bagi tubuh. Hali ini perlu diperhatikan karena sebagian orang mengabaikan pentingnya menjaga hidup dengan cara sehat. Pola makan juga perlu diperhatikan dan perlu diimbangi dengan olahraga. Kenapa? Karena pola makan dan olahraga merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Olahraga yang teratur merupakan langkah awal cara hidup sehat. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain itu, kita juga harus memperhatikan lingkungan di sekitar kita, misalnya saja menghindari polusi udara dengan cara tidak membakar sampah. Mengapa demikian? Karena sampah juga kaya akan manfaat. Oleh karena itu, manfaatkan sampah dengan cara mendaur ulang sampah. Olahraga dengan bersepeda juga bisa dilakukan menghindari polusi udara. 

Selain pola hidup sehat, olahraga, dan lingkungan, ada beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berdasarkan pengalaman pribadi, bukan menurut pakar atau dokter, saya menuliskan beberapa kegunaan wortel, mentimun, dan alpukat bagi tubuh.

Wortel
Wortel bermanfaat untuk kesehatan mata. Wortel kaya akan vitamin A dan betakaroten yang sangat tinggi berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu tubuh kita melawan pengaruh negatif pada radikal bebas. Mengonsumsi wortel sangat baik. Dengan konsumsi wortel, kita akan terhindar dari berbagai penyakit.mencegah stroke. Caranya adalah dengan mengonsumsi 6 buah wortel setiap hari. Dengan cara ini, kita mampu menurunkan kolestrol. Untuk itu, mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang paling penting bagi tubuh.
 
Mentimun
Manfaat mentimun tidak hanya untuk penderita tekanan darah tinggi, namun juga masih banyak manfaatnya. Untuk para remaja yang sedang mengalami masa pubersitas juga ditandai akan munculnya jerawat, hal ini sangat mengganggu karena kurangnya rasa percaya diri. Manfaat mentimun ini juga bisa memberi rasa tenang pada kulit mentimun juga kaya akan vitamin B, menghilangkan bau mulut, menurunkan berat badan, serta membantu masalah pencernaan, dan mengurangi kolestrol 

Alpukat
Semakin banyak kita makan buah-buahan, semakin jarang kita terhindar dengan penyakit sariawan. Terkait dengan buah, kita akan coba mengambil manfaat buah alpukat. Alpukat mengandung protein seperti beta-sitosterol yang mampu melindungi terhadap jenis penyakit. Selain itu, alpukat  mengandung kalori yang cukup tinggi. Meskipun alpukat mengandung banyak lemak, tetapi sebagian besar lemak tak jenuh tunggal merupakan lemak sehat. Menarik sekali, kan?

Ditulis oleh Eka Dewi Pujayanti - Pati, Jawa Tengah